5 : Multimedia Pembelajaran Kimia

, , 5 comments
 Kekurangan yang saya miliki : Sulit memahami jika teks bacaan langkah-langkah atau prosedur  terlalu panjang.

Kelebihan : Lebih cepat paham jika materi yang disajikan dalam bentuk video dengan kata-kata serta audio.

Dari Kelebihan dan kekurangan tersebutlah yang menjadi dasar pembuatan multimedia pembelajaran kimia.

Please watching this video !

https://www.youtube.com/watch?v=LnwzsLlozLk

Click "Like" and "Subscribe" :) Thank you!


PERMASALAHAN
 
1.  Menurut Anda, apa kekurangan dari multimedia yang saya buat?
2. Apakah multimedia tersebut efektif ?
3. Apa saja syarat multimedia yang baik?
4. Menurut pendapat Anda, bagaimana jika multimedia yang dibuat oleh guru tidak berhasil? apa yang harus dilakukan?

5 komentar:

  1. Saya akan menjawab permasalahan no 3 yaitu SYARAT / KRITERIA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

    Arsyad (2013: 74) menjelaskan bahwa kriteria pemilihan media bersumber dari konsep bahwa media pembelajaran merupakan bagian dari sistem instruksional secara keseluruhan. Maka beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran yang baik adalah sebagai berikut:
    Sesuai Dengan Tujuan
    Media pembelajaran harus dipilih berdasarkan tujuan instruksional dimana akan lebih baik jika mengacu setidaknya dua dari tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini bertujuan agar media pembelajaran sesuai dengan arahan dan tidak melenceng dari tujuan. Media pembelajaran juga bukan hanya mampu mempengaruhi aspek intelegensi siswa, namun juga aspek lain yaitu sikap dan perbuatan.
    Praktis, Luwes, dan Bertahan
    Media pembelajaran yang dipilih tidak harus mahal dan selalu berbasis teknologi. Pemanfaatan lingkungan dan sesuatu yang sederhana namun secara tepat guna akan lebih efektif dibandingkan media pembelajaran yang mahal dan rumit. Simpel dan mudah dalam penggunaan, harga terjangkau dan dapat bertahan lama serta dapat digunakan secara terus menerus patut menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih media pembelajaran.
    Mampu dan Terampil Menggunakan
    Apapun media yang dipilih. guru harus mampu menggunakan media tersebut. Nilai dan manfaat media pembelajaran sangat ditentukan oleh bagaimana keterampilan guru menggunakan media pembelajaran tersebut. Keterampilan penggunaan media pembelajaran ini juga nantinya dapat diturunkan kepada siswa sehingga siswa juga mampu terampil menggunakan media pembelajaran yang dipilih.
    Pengelompokan Sasaran
    Siswa terdiri dari banyak kelompok belajar yang heterogen. Antara kelompok satu dengan yang lain tentu tidak akan sama. Untuk itu pemilihan media pembelajaran tidak dapat disama ratakan, memang untuk media pembelajaran tertentu yang bersifat universal masih dapat digunakan, namun untuk yang lebih khusus masing-masing kelompok belajar harus dipertimbangkan pemilihan media pembelajaran untuk masing-masing kelompok.
    Mutu Teknis
    Pemilihan media yang akan digunakan harum memenuhi persyaratan teknis tertentu. Guru tidak bisa asal begitu saja menentukan media pembelajaran meskipun sudah memenuhi kriteria sebelumnya. Tiap produk yang dijadikan media pembelajaran tentu memiliki standar tertentu agar produk tersebut laik digunakan, jika produk tersebut belum memiliki standar khusus guru harus mampu menentukan standar untuk produk tersebut agar dapat digunakan untuk media pembelajaran.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mencoba menanggapi permasalahan ke empat. Multimedia yg digunakan hanyalah sebagai bahan ajar. Juga merupakan bagian dari strategi pembelajaran. Jikalau di proses pembelajaran nantinya penggunaan mulmed kurang efektif, maka dilakukan evaluasi pada bahan ajar yg dipilih (mulmed) tadi. Agar tak mengulangi kesalahan yg sama, terlebih dahulu analisis karakteristik siswanya, lingkungannya, analisis kebutuhan dan tujuan yg ingin dicapai. Barulah dikembangkan bahan ajarnya.

    BalasHapus
  4. saya kan menjawab pertanyan no 1

    kekurangan dari multimedia yang anda buat adalah kurang tingkat kejelasan videonyan kurang jelas sehingga pada saat menonton ada beberapa kalimat yang tidak terlihat sebaiknya ditingkat an lagi kuliatas dari videonya.

    BalasHapus
  5. Baiklah saya akan menjawab permasalahan 2

    Menurut saya efektif, karena video yg anda buat sudah sangat bagus dan rapi dan setelah saya menontonnya saya jadi mengerti tentang koloid

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Hari Guru Nasional

Saya sebagai Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Saya telah melaksanak...