CONTOH MEKANISME REAKSI SN1 PADA ALKIL HALIDA

, , 3 comments

 I. REAKSI UMUM SUBTITUSI NUKLEOFILIK



II. CONTOH REAKSI SUBTITUSI NUKLEOFIL ALKIL HALIDA



             Pada contoh reaksi SN1 diatas, dijelaskan bahwa pada reaksi tersebut memiliki 2 tahap mekanisme, yang terdiri dari tahap 1 dan tahap 2.

a. Tahap 1 ( lambat) 

    Pada tahap pertama, ikatan antarakarbon dengan gugus pergi putus. Gugus pergi terlepas dengan membawa pasangan elektron, dan terbentuklah ion karbonium.
 
b. Tahap 2 (cepat)

  
  Pada tahap kedua (tahap cepat), ion karbonium bergabung dengan nukleofil membentuk produk.
  
Berikut ini adalah ciri-ciri suatu reaksi yang berjalan melalui mekanisme SN1:
 
1. Kecapatan reaksinya tidak tergantung pada konsentrasi nukleofil. Tahap penentu kecepatan reaksi adalah tahap pertama di mana nukleofil tidak terlibat.
 
2. Jika karbon pembawa gugus pergi adalah bersifat kiral, reaksi menyebabkan hilangnya aktivitas optik karena terjadi rasemik. Pada ion karbonium, hanya ada a gugus yang terikat pada karbon positif. Karena itu, karbon positif mempunyai hibridisasi sp2 dan berbentuk planar. Jadi nukleofil mempunyai dua arah penyerangan, yaitu dari depan dan dari belakang. Dan kesempatan ini masing-masing mempunyai peluang 50 %. Jadi hasilnya adalah rasemit.




III. PERMASALAHAN

 1. Mengapa  saat tahap pertama mekanisme reaksi sn1 reaksi berjalan lambat ?

 2. Mengapa pada mekanisme reaksi sn1 kecepatan reaksi tidak tergantung pada  konsentrasi nukleofil ?

 3.  Bagaimana ion karbonium dapat terbentuk dari mekanisme reaksi sn1 ?


 
    

3 komentar:

  1. Saya akan menjawab permasalahan yang ke-2
    Karena pada reaksi SN1 hanya tergantung pada konsentrasi substratnya

    BalasHapus
  2. baiklah, saya akan menjawab pertanyaan pertama, yakni reaksi SN1 berjalan lambat hal ini dikarenakan, pada dasarnya reaksi SN 1 ini molekul yang terlibat dalam reaksi ada 2, yaitu alkil halida dan nukleofil, dalam hal ini reaksi berjalan lambat dikarenakan pada tahap pertama reaksi yang terlibat hanya alkil halidanya saja sedangkan nukleofilnya bersifat netral atau tidak ikut bereaksi pada tahap pertama, tahap pertama pada reaksi SN1 ini disebut dengan reaksi ikatan antarkarbon, terima kasih :)

    BalasHapus
  3. Saya mencoba menjawab pertnyaan ke-3
    Karbonium bisa terbentuk karena terputusnya ikatan antara karbon dengan gugus pergi putus.gugus pergi terlepas dengan membawa pasangan elektron dan terbentuklah ion karbonium. Pada tahap kedua (tahap cepat), ion karbonium bergabung dengan gugus pergi putus.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Hari Guru Nasional

Saya sebagai Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Saya telah melaksanak...