MONOSAKARIDA DAN PENENTUAN STEREOKIMIA

, , 3 comments


I. MONOSAKARIDA



Makanan seperti madu, gula jagung, gula anggur serta rasa manis pada buah-buahan adalah beberapa contoh dari gula sederhana yang disebut monosakarida. Monosakarida merupakan gula tunggal dengan bentuk paling sederhana yang terdiri dari 3-7 atom C.

 * Berdasarkan gugus fungsional yang dikandungnya, monosakarida digolongkan menjadi :

a. Aldosa
Gugus reduksi berupa gugus aldehida yang disebut aldosa, yang bersifat mereduksi
Contoh : Glukosa 

b. Ketosa
Monosakarida yang mempunyai gugus karbonil keton.
Contoh : Fruktosa

*Berdasarkan jumlah atom C pada monosakarida digolongkan menjadi :
a. Tritosa
Monosakarida yang mengandung 3 atom karbon. Ex : gliseraldehida

b. Tetrosa
Monosakarida yang mengandung 4 atom karbon. Ex : Eritosa

c. Pentosa
Monosakarida yang mengandung 5 atom karbon. Ex : Ribosa, arabinosa, xylosa, lyxosa

d. Heksosa
Monosakarida yang mengandung 6 atom karbon. Ex: alosa, altrosa, glukosa, gulosa


# Sifat-sifat Monosakarida




# JENIS-JENIS MONOSAKARIDA

a) Glukosa adalah karbohidrat dan gula sederhana yang paling penting dalam metabolisme manusia dengan rumus molekul C6H12O6 yang banyak terdapat dalam sirup jagung. Glukosa disebut gula sederhana atau monosakarida karena glukosa adalah salah satu unit terkecil yang memiliki karakteristik kelas karbohidrat ini. Glukosa juga kadang-kadang disebut dekstrosa. Sirup jagung terutama terdiri dari glukosa. Glukosa merupakan salah satu molekul utama yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tanaman dan hewan. Glukosa ditemukan dalam getah tanaman, dan ditemukan dalam aliran d–arah manusia di mana ia disebut sebagai “gula darah”.




b) Galaktosa adalah sebuah monosakarida atau gula sederhana, stereoisomer dengan glukosa, yang penting dalam makanan dan ditemukan berlimpah dalama makanan, terutama dalam produk susu, di mana ikut ada dengan gula susu laktosa.  Orang yang mengalami intoleran laktosa juga mungkin kekurangan galaktosa, namun dengan mudah dapat diperoleh dari makanan lain, termasuk banyak buah dan sayuran.




c) Fruktosa
Fruktosa (bahasa Inggris: fructose, levulose), atau gula buah, adalah monosakarida yang ditemukan di banyak jenis tumbuhan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa, yang bisa langsung diserap ke aliran darah selama pencernaan.



d) Xilosa

Xilosa adalah salah satu kelompok monosakarida yang merupakan gula dengan lima gugus atom karbon (Pentosa) dan mempunyai gugus aldehida (Gugus atom karbon yang berikatan dengan satu atau dua atom hidrogen). Xilosa disebut juga Gula Kayu karena dihasilkan dari proses isolasi dengan proses hidrolisis. 



e) Ribosa




Ribosa adalah salah satu kelompok monosakarida yang terdiri dari lima atom karbon dan termasuk satu gugus fungsional aldehida (Gugus karbon yang mengikat satu atau dua atom hidrogen). Ribosa merupakan komponen RNA yang berperan dalam transkripsi genetik, oleh karena itu Ribosa sangat penting bagi makhluk hidup. Rumus Kimia Ribosa adalah C5H10O5. Ribosa juga berhubungan erat dengan Deoksiribosa yang merupakan komponen DNA.

Ribosa merupakan senyawa organik diklasifikasikan sebagai monosakarida, atau gula sederhana. Ribosa terdiri dari lima atom. Senyawa alami ini terlibat dalam jalur metabolik yang sangat penting yang dikenal sebagai jalur fosfat pentosa. Hal ini memainkan peran penting dalam produksi energi untuk seluruh tubuh serta sintesis materi genetik. Mengambil D-ribosa menawarkan manfaat kesehatan bagi mereka dengan fibromyalgia, sindrom kelelahan kronis (CFS) dan berbagai kondisi lain dan penyakit.



II. PENENTUAN STEREOKIMIA 

Stereokimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang struktur 3 dimensi dari molekul, yakni sebuah struktur yang mrmiliki rumus molekul sama hanya karena susunannya berbeda akan mengakibatkan fungsi yang berbeda pula.
Berdasarkan stereokimia, monosakarida terbagi menjadi beberapa golongan.Stereokimia adalah studi mengenai susunan spasial dari molekul. Salah satu bagian dari stereokimia adalah stereoisomer. Stereoisomer  mengandung   pengertian:
1)      memiliki kesamaan order dan jenis ikatan
2)      memiliki perbedaan susunan spasial
3)      memiliki perbedaan properti (sifat).

Struktur glukosa atau karbohidrat yang lain dapat digambarkan dalam tiga bentuk stereokimia:
1)      Proyeksi Fischer (rantai lurus/linier)
2)      Struktur Haworth (siklik/cincin sederhana)
3)      konformasi kursi


III. PERMASALAHAN
1) Jelaskan perbedaan struktur glukosa dan fruktosa!

2) Sebutkan perbedaan struktur pentosa dan heksosa!

3)  Xilosa disebut juga Gula Kayu karena dihasilkan dari proses isolasi dengan proses hidrolisis. Jelaskan proses tersebut !


3 komentar:

  1. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 1.

    1.Glukosa

    Kata Glukosa berasal dari bahasa Yunani dan secara harfiah berarti “anggur manis”, juga dikenal sebagai gula anggur.Rumus molekulnya adalah C6H12O6. D-glukosa adalah isomer yang paling dominan di alam dibandingkan dengan L-glukosa.Ini adalah output utama dari proses fotosintesis di mana air dan karbon dioksida digunakan untuk memproduksi glukosa oleh tanaman di bawah sinar matahari.Selain itu, glukosa adalah senyawa utama yang melepaskan energi dalam respirasi selular dan itu kurang lebih mirip dengan kebalikan dari reaksi fotosintesis. Glukosa juga digunakan untuk mensintesis beberapa disakarida dan polisakarida. Hal ini digunakan untuk mensintesis pati pada tanaman dan glikogen pada hewan.Selain itu, dapat diperoleh dengan hidrolisis karbohidrat termasuk gula meja (sukrosa), maltosa, selulosa, glikogen dll.

    2.Fruktosa

    Fruktosa adalah gula keto sederhana dan juga dikenal sebagai gula buah karena ditemukan dalam banyak tanaman. Rumus molekulnya adalah C6H12O6. D-fruktosa adalah isomer yang paling dominan di alam dibandingkan dengan L-fruktosa.Ini adalah gula yang paling reaktif dan larut dalam air dibandingkan dengan gula alami lainnya. Fruktosa dapat di hasilkan dari madu, tanaman, buah-buahan, bunga, buah, dan akar sayuran.Namun, fruktosa untuk industri dihasilkan dari tebu, gula bit, dan jagung. Fruktosa penting bagi industri minuman dan produk roti karena memberikan kontribusi untuk meningkatkan palatabilitas dan rasa, dan untuk karamelitas atau pengembangan warna.

    BalasHapus
  2. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2. Dari literatur yang saya baca Yaitu Heksosa adalah karbohidrat yang terbuat dari enam karbon. Glukosa, fruktosa dan galaktosa adalah contoh heksosa. Heksosa memiliki peran biologis penting sebagai sumber energi untuk metabolisme.Pentosa adalah karbohidrat yang terbuat dari lima karbon.

    Molekul DNA terbuat dari urutan molekul yang disebut nukleotida. Setiap nukleotida dibentuk oleh Ikatan pentosa yang disebut deoksiribosa dengan asam fosfat dan nitrogen yang mengandung basa (A, T, C atau G). RNA juga dibentuk oleh urutan nukleotida. Nukleotida RNA yang terbuat dari ikatan satu ribosa (pentosa) dengan satu asam fosfat dan satu yang mengandung nitrogen basa (A, U, C atau G).
    Jadi pentosa adalah komponen dasar DNA dan RNA.
    Gula enam karbon (heksosa)

    Gula ini sering ikut serta dalam tahap respirasi dan fotosintesis dan menjadi bangun utama dari banyak macam karohidrat lain termasuk pati dan selualosa. Kunci dari heksosa adalah glukosa dan fruktosa.
    Gula lima karbon (Pentosa)

    Senyawa ini sangat penting dalam fotosintesis dan respirasi. Dua jenis pentose (ribose dan deoksiribosa) juga membentuk unsure pembangun utama untuk asam nukleat, yang penting bagi semua kehidupan.

    BalasHapus
  3. Rifa... saya akan menjawab pertanyaan no 3
    Xilosa merupakan suatu gula pentosa, monosakarida dengan lima atom karbon dan memilikigugus aldehida. Xilosa sering disebut gula kayu karena merupakan senyawa gula yang pertama.
    Gugus Spesifik
    Sesuatu yang khas dari xilosa ialah memiliki 5 atom karbon dan adanya gugus spesifik yaitugugus karbonil yang bebas. Adanya gugus bebas karbonil ini memberikan sifat bahwa xilosa dapatdimanfaatkan sebagai reducing sugar.
    Cara Memperoleh
    Xilosa merupakan salah satu penyusun utama hemiselusosa , sehingga kita dapat mengisolasixilosa dari kayu yang mengandung banyak hemiselulosa. Selain itu, xilosa juga dapat ditemukan pada jerami atau serat

    serat nabati lain yang dan dapat diperoleh melalui penguraian serat nabati tersebutmelalui pemasakan menggunakan asam sulfat atau melalui hidrogenasi xilan dengan bantuanmikroorganisme

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Hari Guru Nasional

Saya sebagai Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Saya telah melaksanak...